Rabu, 02 Januari 2013

Kenapa Penting belajar Algoritma?


       Mungkin bagi sebagian orang algoritma terdengar asing. Memang benar sebagian besar orang awam tidak tahu betapa pentingnya belajar algoritma jika ingin menguasai suatu bahasa pemrograman. Ibaratnya jika kita ingin menguasai fisika tentunya kita harus menguasai dasar2 perhitungannya dalam matematika. Begitu pula jika kita ingin menguasai bahasa pemograman kita terlebih dahulu harus menguasai algoritma terlebih dahulu.
       Algoritma dalam pengertian sederhana berarti pola pikir kita dalam menyelesaikan masalah. Pola pikir kita diasah agar kita dapat menyelasaikan problem2 dalam dunia informatika. Banyak orang belajar bahasa pemrograman tanpa menguasai algoritmanya terlebih dahulu. Hasilnya tentu berantakan karena alur pikiran orang tsb tidak punya pola yang mudah dimengerti bagi orang lain yg ingin membacanya
       Algoritma merupakan inti ketika kita ingin membuat sebuah sistem, untuk itu perkuatlah algoritma , jangan malu bertanya pada orang ataupun dosen ketika menjelaskannnya, jangan sampai ketika membuat aplikasi program tidak nyambung.
      Ketika anda menggeluti dunia programmer, disini anda baru menyadari bahwa pentingnya memahami algoritma dari sebuah program dan anda akan sadar bahwa mata kuliah yang dianggap biasa punya andil yang penting dalam sebuah pekerjaan seorang programmer. Dengan menguasai algoritma sebuah program, apapun bahasa yang digunakan akan sangat mudah untuk membuat sebuah perangkat lunak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar